Sales letter atau surat penawaran yang efektif adalah yang mencapai keobyektifitas dan bertentangan dengan opini yang sedang populer. Meningkatkan penjualan bukanlah yang harus selalu diinginkan dalam pembuatan surat penawaran. Yang dimaksudkan sales letter atau surat penawaran disini adalah sebuah halaman pada website/blog anda yang dikhususkan untuk menuliskan penawaran anda baik itu berupa produk maupun jasa. Surat penawaran bisa juga digunakan untuk menarik perhatian kepada pangsa pasar tertentu atau juga bisa untuk tujuan sosialisasi kepada masyarakat. Secara keseluruhan surat penawaran yang efektif dapat melakukan tugasnya dengan baik.
Kunci rahasia dari membuat surat penawaran yang efektif adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat surat penawaran yang ada atau yang akan datang menjadi efektif.
Riset, riset dan riset. Sebelumnya anda telah memiliki informasi mengenai fitur dan keunggulan produk anda sendiri seperti halnya anda memiliki beberapa daftar pelanggan yang akan anda kirimkan penawaran. Itu sajakah yang anda perlukan untuk menulis surat penawaran?
Tidak selalu, anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Jangan membuat keputusan apapun khususnya jika berhubungan dengan konten untuk surat penawaran anda tanpa melakukan riset sebelumnya. Dengan melakukan riset maka akan memudahkan anda untuk memdapatkan cara yang terbaik untuk melakukan pendakatan kepada pangsa pasar anda, bagaimana menggunakan kata-kata yang sesuai dan bagaimana agar bisa mendapatkan respons dari pelanggan tersebut dan lain sebagainya. Anda mungkin saja telah memiliki semua data-data yang berhubungan tapi alangkah baiknya jika anda juga sebelumnya melakukan riset secara mendalam.

Perhatikan tata bahasa dan bagaimana susunan kata-katanya, seorang penulis bukanlah seorang yang bisa menuliskan surat penawaran dengan sempurna namun ada kalanya seorang salesman mampu untuk membuat surat penawaran yang efektif jika ia memiliki kemampuan untuk menulis.
surat penawaran yang efektif semestinya ditulis dengan tata bahasa yang baik, para konsumen akan sulit mempercayai sebuah surat penawaran dalam bisnis apapun apabila tidak terlebih dulu melakukan pembenahan disetiap kata dan kalimat.

Periksa susunan kata-kata dan makna dibalik setiap kalimat harus terbaca dengan jelas. Hindari menggunakan kata-ta yang bersifat ambigu atau tidak jelas. Jelaskan keinginan anda secara gamblang. Lalu pastikan perpindahan antar satu paragraf dengan paragraf berikutnya tidak lompat pokok bahasan dan hindari pembicaraan dari satu paragraf yang menjelaskan secara lembut mengenai produk anda lalu pada paragraf berikutnya anda secara agresif langusng menawarkan untuk membeli.

Satu surat penawaran per pangsa pasar, ada beberapa bisnis yang memenuhi lebih dari satu pangsa pasar jika itu sama dengan bisnis anda namun akan lebih bermanfaat jika anda membuat surat penawaran untuk masing-masing pangsa pasar agar lebih efektif.

Contohnya anda memiliki taman bermain, jika anda ingin membuat sebuah surat penawaran maka apakah anda berfikiran bahwa akan lebih efektif jika membuat dua surat penawaran yang pertama untuk anak-anak dan kedua untuk para orang tua. Mereka memang satu keluarga namun anak-anakmemiliki keinginan, kebutuhan dan kecenderungan tersendiri jika mengunjungi taman bermain. Para orang tua juga memikirkan tentang mendapatkan kesenangan dengan lebih terjangkau dan juga aman bagi anak-anak. Sedangkan anak-anak hanya memikirkan kesenangan semata.

Tentunya pastikan bahwa surat penawaran anda tidak bertentangan satu sama lain, kebohongan tidak akan bermanfaat kepada anda selalu berpegang pada sisi kebenaran dan kompromi.

Sekarang bayangkan anda berada pada posisi mereka lalu anda lihat surat penawaran anda, pada bagian mana yang sekiranya anda suka dan anda tidak suka. Sangat mungkin bagi anda untuk mencari sesuatu dengan informasi yang tidak panjang lebar namun dibungkus dengan informasi yang menarik mengenai produk dan jasa. Anda menginginkan sesuatu yang benar-benar dikerjakan oleh orang yang profesional yang mengerjakan risetnya.

Bahkan yang sepertinya anda akan tidak suka adalah surat penawaran yang penjelasannya panjang lebar dengan kata-kata yang tidak begitu berhubungan dan juga lebih ribet daripada tax manualnya. Anda tidak akan bersimpati jika penulisnya seolah-olah terlalu memaksa dan hanya memberikan sedikit kesempatan anda untuk menentukan apa yang dia tawarkan.
Bagaimana format yang tepat? berikut ini adalah tips yang dapat dilakukan dan sepertinya tidak berhubungan dengan konten atau produk dan jasa yang ditawarkan, ini sangat berpengaruh pada keefektifitas surat penawaran tersebut.

Pertama, Tulis kalimat header yang simpel. Nama perusahaan dan data kontak akan diperlukan sedangkan untuk loga tidak diperlukan.
Kedua, pastikan tipe font, ukuran dan warna membuat konsumen mudah untuk membaca surat penawaran anda. Coba untuk mengobservasi margin dan alignment yang sesuai. Hindari penekanan dengan mengetikkan seluruh kata dengan huruf besar karena bisa diartikan oleh beberapa orang sebagai tindakan yang berkesan kasar.
Hal-hal tersebutlah yang membuat surat penawaran begitu efektif dan hal-hal itulah yang semestinya anda lakukan dan ikuti jika anda menginginkan surat penawaran anda bekerja secara baik bagi bisnis anda.

Poskan Komentar

Catatan:
1. Komentar Anomin telah kami buka, silahkan berkomentar yang sopan
2. Jika kurang mengerti dengan posting di atas silahkan ajukan pertanyaan
3. Kami usahakan membalas komentar anda secepat kilat!
4. Masalah "Link Rusak" bisa anda laporkan lewat komentar
5. Jika meninggalkan Link Aktif pada komentar terpaksa kami hapus

Salam Admin
Darma Jaya

 
Top