facebook recomendations barSalah satu cara yang paling logis digunakan untuk meningkatkan Page Views blog adalah memasang Widget Recommended Posts.  Untuk itu Facebook telah merilis widget, berupa plug in"Recommendations Bar" yang masih dalam versi beta.  Widget ini dapat menarik perhatian pengunjung dan mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu di blog anda.  Pada tanggal 27 Juni 2012 Mohammad Mustafa Ahmedzai's blog telah mempublikasikan script widget ini, untuk menampilkan artikel yang direkomendasikan setelah pengunjung selesai membaca artikel atau menghabiskan beberapa waktu di blog anda.

Facebook Recommendations Bar ini akan tampil setelah pembaca menggulir halaman ke bagian bawah atau telah mencapai area tertentu di blog anda bahkan setelah pengunjung selesai membaca sebuah postingan. Artikel-artikel yang ditampilkan adalah artikel yang sebelumnya telah disukai atau telah berbagi melalui tombol Facebook Like.  Facebook Recommendations Bar akan memaksa pembaca untuk tinggal lebih lama di situs atau blog anda sehingga secara signifikan akan meningkatkan Page Views, bahkan widget ini, juga menyediakan tombol like yang dapat diklik oleh pengunjung sehingga diharapkan, dapat meningkatkan trafic yang mengarah ke blog anda dari situs jejaring sosial seperti Facebook.  Ini adalah alternatif yang terbilang cukup smart untuk meningkatkan Page Views Blog dan menarik lebih banyak lalu lintas kunjungan ke blog anda.

Untuk menginstal widget ini di BlogSpot terbilang cukup mudah, anda hanya butuh sedikit kesabaran.  Karena sebelumnya anda harus memiliki Facebook Application ID, kemudian menanamkan script di bawah ini ke dalam dokumen HTML template blog anda.  Berikut ini adalah step by step cara instalasi Widget Facebook Recommendations Bar yang kami bagi dalam dua tahap.

1.  Cara Membuat Facebook Aplication ID


  • Pastikan anda berada dalam posisi login ke Facebook
  • Selanjutnya klik tombol Create New App
  • Pada kotak pop-up Create New App masukkan Application Name sesuai keinginan anda sebagai contoh saya memasukkan "MP Recomendation Bar", dan untuk isian pada baris berikutnya abaikan saja biarkan seperti kodisi default lalu klik tombol Continue

  • Pada halaman berikutnya anda akan diminta memasukkan kode captcha untuk validasi, masukkan kode captcha sesuai tampilan yang muncul, lalu klik tombol Submit.
  • Sampai di sini proses pembuatan Facebook App ID hampir selesai, perhatikan pada bagianSelect how your app intgrates with Facebook seperti gambar di bawah, kemudian masukkanalamat URL blog anda pada bagian Website with Facebook Login, jangan sentuh bagian yang lain, lalu klik tombol Save Changes untuk menyimpannya.

  • Perhatikan Facebook App ID yang baru terbentuk, seperti gambar di bawah, lalu catat dan untuk sementara simpan di Notepad karena akan dibutuhkan pada tahap instalasi selanjutnya, sampai di sini tahap pembuatan Facebook Application ID telah selesai.


2.  Menambahkan Widget Facebook Recommendations Bar ke dalam BlogSpot


  • Login ke blogger dengan ID anda
  • Pada halaman dashboard blogger klik link title blog anda
  • Pilih menu Template, lalu backup template anda sebelum melakukan instalasi Widget Facebook Recommendations Bar
  • Klik Edit HTML >> Proceed
  • Cari kode seperti di bawah ini
    <html
  • Kemudian Ganti dengan kode di bawah ini
    <html xmlns:fb='http://ogp.me/ns/fb#'
  • Selanjutnya cari kode <body> kemudian paste kode di bawah ini tepat di bawah kode <body>
        <div id='fb-root'/>
        <script>
        //Facebook Recommendation bar
        //<![CDATA[

        (function(d, s, id) {
          var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
          if (d.getElementById(id)) return;
          js = d.createElement(s); js.id = id;
          js.src = "//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&appId=***************";
          fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
        }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));

        //]]>
        </script>
        <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'><div style='z-index:999999; position:absolute;'>
        <fb:recommendations-bar action='like' max_age='0' num_recommendations='3' read_time='10' side='left' site='http://darmasite.blogspot.com/' trigger='40%'/></div>
        </b:if></b:if>
  • Jangan lupa untuk mengganti kode *************** dengan App ID anda dan kodehttp://darmasite.blogspot.com/ dengan URL blog anda
  • Simpan template anda dengan menekan tombol Save Template.  Sampai di sini proses instalasi Widget Facebook Recommendations Bar selesai.

Note :
Untuk menyesuaikan widget dengan keinginan anda silahkan ganti kode berikut,


  • max_age : Ini adalah parameter yang menunjukkan umur artikel.  Artikel yang akan ditampilkan adalah artikel yang pernah dipublikasikan antara 1-180 hari sebelumnya, namun jika anda tidak ingin mempertimbangkan umur artikel maka biarkan angka 0 sebagai defaultnya, artinya seluruh artikel yang pernah dipublikasikan akan ditampilkan secara random.
  • num_recommendations : Parameter ini menunjukkan jumlah artikel yang akan ditampilkan di dalam widget, silahkan ganti angka 3 pada script di atas sesuai keinginan anda.
  • read_time : Parameter ini yang mengatur waktu widget diperluas setelah halaman digulir oleh pengunjung dan telah mencapai area yang telah ditentukan saya menggunakan angka 10  detik, silahkan anda menggantinya dan angka dapat diperbesar hingga 30 detik atau lebih.
  • side :  Anda dapat memilih widget akan ditampilkan pada bagian kiri hamana atau bagian kanan halaman, saya memilih untuk menampikannya pada bagian kiri halaman, jika anda ingin merubahnya silahkan ganti kode  left menjadi right.
  • trigger :  Ini adalah parameter yang mengatur widget akan diperluas setelah pengunjung menggulir halaman ke bagian bawah hingga mencapai 40% anda dapat mengganti angka 40%sesuai keinginan.
  • Kode yang ditulis dengan warna merah, mengatur widget agar tampil hanya pada halaman artikel, jika anda ingin widget tampil pula pada homepage blog hapus saja kode yang ditulis dengan warna merah tersebut.
Jika instalasi widget telah selesai tetapi Facebook Recommendations Bar belum juga tampil, ini karena kebanyakan template terutama template external tidak terstruktur dengan baik dan membutuhkan penambahan meta tag pada bagian head template, agar Facebook dapat mengambil judul halaman dengan benar, termasuk thumbnail atau gambar pada artikel serta judul blog, jika anda mengalaminya tambahkan kode berikut tepat dibawah kode <head> pada dokumen HTML template blog anda

<meta content='article' property='og:type'/>
<meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' property='og:image'/>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:site_name'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>
<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>

Simpan template anda dengan menekan tombol Save Template.


Posting Komentar

Catatan:
1. Komentar Anomin telah kami buka, silahkan berkomentar yang sopan
2. Jika kurang mengerti dengan posting di atas silahkan ajukan pertanyaan
3. Kami usahakan membalas komentar anda secepat kilat!
4. Masalah "Link Rusak" bisa anda laporkan lewat komentar
5. Jika meninggalkan Link Aktif pada komentar terpaksa kami hapus

Salam Admin
Darma Jaya

 
Top