Jika kita bermain atau terjun ke dalam bisnis online pasti sudah tak asing dengan lagi dengan kata scam. Dalam bahasa Indonesia scam bisa dikatakan sebagai penipuan. Pada kesempatan kali ini saya akan share kepada rekan - rekan semua mengenai Ciri - Ciri Bisnis Online Scam agar nantinya kita tidak terjebak atau mendaftar ke dalam bisnis online penipu tersebut. Walaupun saya pribadi juga pernah mendapatkan penghasilan dari Bisnis online tersebut ( entah dari PTC, PTS, PPL maupun dari MLM) namun kadangkala atau sering saya juga mendapati beberapa bisnis online yang terang-terang menipu dengan dalih ini itu, tak ayal itu membuat kita jadi malas melanjutkan kegiatan mengumpulkan pundi - pundi rupiah dari internet. Maka dari itu berikut saya bagikan beberapa kriteria atau ciri - ciri mengenai bisnis online yang scam :

1. Tidak mencantumkan siapa dan identitas data diri pemilik situs bisnis online. 
Jika sampai ada jangan sampai kita masuk ke dalamnya, karena sudah bisa dipastikan si admin yang ga jelas asal usulnya pasti akan lari dari tanggung jawabnya dengan cepat setelah mendapatkan dana dari para member atau investornya.
 
2. Kontak Person tidak jelas dan tidak bisa dihubungi.
Tidak adanya kontak person yang jelas seperti nomor Hp, Email, YM maupun alamat kantor atau rumah si pemilik situs bisnis online merupakan salah satu tanda jika si admin sudah memiliki niat buruk sebelum mereka berhasil mendapatkan dana dari para member dan investornya.

3. Menggunakan domain gratisan
Domain gratisan misalnya seperti .co.cc, co.tv, co.nr .tk dsb. Analoginya seperti ini jika si adminnya malas mengeluarkan uang untuk menyewa domain, pastinya si admin juga akan malas membayar kewajibannya kepada para member atau para investornya.

4. Menggunakan web hosting gratisan.
Bisnis online yang menggunakan web hosting gratisan sangatlah tidak aman untuk melalukan kegiatan atau transaksi bisnis online di dalamnya. Karena layanan hosting gratisan sering tidak stabil dan performance nya sangatlah tidak meyakinkan. Contoh web hostingnya seperti 000webhost.org, geocities.com.


5. Pastikan umur bisnis online tersebut menggunakan whois.domaintools.com
Whois adalah sebuah fitur untuk mengetahui kapan sebuah domain situs bisnis dibeli, siapa yang memiliki, siapa yang mendaftar, hosting di mana, dan sebagainya. Setiap domain pasti memiliki data WHOIS, jadi Anda bisa mengecek untuk memastikannya. Perhatikan pula informasi tentang kepemilikan domainnya (whois recordnya) disembunyikan/private. Yang berarti bahwa tidak ada yang bertanggung jawab atas domain tersebut, karena pemiliknya tidak berani menunjukkan identitasnya.


6.  Sistem bisnisnya tidak jelas.
Hati-hati dengan yang satu ini, bila suatu saat kita menemukan situs bisnis online yang menawarkan keuntungan-keuntungan yang sedemikian rupa, namun ketika kita ingin mengetahui sistem kerjanya, kita diharuskan daftar dan aktivasi member terlebih dahulu. Berhati - hatilah dengan situs online yang seperti ini karena kemungkinan besar adalah penipuan.


7. Tidak membayar komisi ketika waktu Payout tiba.
Sering saya menemukan bisnis online yang seperti ini. Di saat tiba waktunya untuk melalukan payout, bukannya dibayar malah keanggotaan dari member nya di banned dengan alasan yang tidak masuk diakal.

8. Melalukan SPAM
Waspadalah, karena jika bisnis tersebut terbukti melakukan spam atau menyediakan tools untuk spamming. Menunjukkan bahwa pemilik/pelakunya tidak punya etika dalam berbisnis.


9. Testimonial dan Mutasi Rekening Palsu.
Untuk menentukan mana testimonial yang asli maupun palsu rekan-rekan bisa melihat dan membaca - baca ulasan lengkapnya disini. Sedangkan untuk  Mutasi atau tampilan rekening palsu rekan - rekan bisa membaca ulasan lengkapnya disini.

10. TOS (Term Of Service) selalu berubah-ubah. 
Jika suatu bisnis online sudah sering mengubah kebijakan TOS nya seperti merubah komisi per level, minimal payout, dll. Dipastikan Bisnis online tersebut sedang mengalami masalah. Jadi harus langsung waspada jika mendapati bisnis online yang seperti itu.


11. Admin menjual situs bisnis online. 
Jika suatu situs bisnis online tersebut dijual oleh adminnya ke pihak lain, maka situs bisnis online tersebut adalah scam. Apapun alasannya. Kalau dilogika, misal situs bisnis online ABC dijual, maka  situs ABC ini tersebut sudah tidak sehat


12. Admin Dulunya seorang Scammer. 
Jika seorang admin telah melakukan tindakan scam dalam bisnis online, maka untuk selamanya dia bakal di cap sebagai scammer. Karena bisnis online adalah bisnis kepercayaan. Jika suatu kepercayaan sudah dikhianati, maka selamanya orang tidak bakal percaya. Jadi jika ada bisnis online baru dan ternyata bisnis online tersebut dimiliki oleh admin yang pernah melakukan scam, maka jangan percaya dengan situs bisnis online baru tersebut.

Demikian sedikit info dan pengalaman yang bisa saya share kepada rekan - rekan semua mengenai Ciri - Ciri Bisnis Online Scam. Semoga artikel ini dapat dimanfaatkan sebagai mana mestinya terutama sebelum kita masuk ke dalam situs bisnis online yang akan kita gunakan untuk mendapatkan penghasilan dari internet ke depannya. Apabila ada diantara rekan - rekan semua yang ingin bertukar pikiran, pendapat atau bahkan menambahkan ciri - ciri selain ke 12 ciri diatas juga saya persilahkan.

Posting Komentar

  1. :hammer tips tipsnya sangat bermanfaat, tetap semangat.

    bisnis online memang cocok buat yang ingin mendapat penghasilan tambahan.

    mohon maaf jika kurang berkenan saya hanya mencoba berbagi.

    TERBUKTI LAGI BOOMING DI INDONESIA RUSIA DAN AMERIKA.

    http://bit.ly/MzCrXY

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti bayar gak bang???? coba juga yg ini yah... gak rugi kok... gampang en pasti bayar

      http://www.idsurvei.com/survei/romymamahit/

      silahkan !! :-)

      Hapus
  2. Trim's infonya pak Darma. Mau tanya pak, AVO scam ato ngga?

    BalasHapus
  3. Kachfashion (www.kachfashion.com, a local online clothes shop is an online fraud! On 13 October 2012. I made payment to KACH Enterprise (PG0221642-W), an online clothing shop in Malaysia. They didn't contact me even after payment was received until I inquired about my purchase 8 days later. Finally, after 15 days or so after they had received my payment, they sent me a torn garment! Upon complaining to them. I was told to send the dress back to the company within 7 days from 5 Nov 2012 if I wanted a refund. Pos Laju delivered the dress back to them on 6 Nov. 2012 but to date (24 Nov), I have yet to receive a refund. Kachfashion has ignored all my emails, Twitter & Facebook messages. The company also deleted my online account so I can't trace my order! They have also deleted all my public messages on their Facebook page inquiring about my refund. The phone number listed in one of their advertisements is also a wrong number. I have proof of all email correspondences with the company. Beware of shopping at Kachfashion! I have reported the company to all the relevant authorities in Malaysia.

    Company Information
    KACH Enterprise (PG0221642-W)

    Correspondence Address
    27B, Jalan Perai Jaya 3
    Bandar Perai Jaya
    13600 Perai
    Pulau Pinang, MALAYSIA

    Enquiry
    info@kachfashion.com

    MALAYSIA Facebook pages : Kachfashion / Karen Kachfashion / Kachfashion Kach / Kach Kachfashion

    BalasHapus
  4. Betull sekali.kepercayaan adalah kuncinya... dan saya sendiri sudah berkali-kali kena tipu.....

    tapi tidak dengan yg ini :
    pasti bayar kok :

    http://www.idsurvei.com/survei/romymamahit/

    NOT MEMBER GET MEMBER / MLM... dsb
    coba dulu aja....Bisnisnya gampang banget dan PASTI BAYAR :-)

    BalasHapus
  5. Thank you for your comments regarding your shopping experience with us. We are glad that you really reported to the authority, and which they did a check and finally cleared our name from your baseless allegations. Please post your report number online so that all other customers may use that number to trace the actual outcome of the case with the authority, which is a strong proof that Kachfashion.com carries its business fairly. Thank you.

    BalasHapus

Catatan:
1. Komentar Anomin telah kami buka, silahkan berkomentar yang sopan
2. Jika kurang mengerti dengan posting di atas silahkan ajukan pertanyaan
3. Kami usahakan membalas komentar anda secepat kilat!
4. Masalah "Link Rusak" bisa anda laporkan lewat komentar
5. Jika meninggalkan Link Aktif pada komentar terpaksa kami hapus

Salam Admin
Darma Jaya

 
Top